Sekretaris PUB Kabupaten Lebak Meninjau Kampung Tangguh Sebagai Program Unggulan Gubernur Banten
Sekretaris PUB Kabupaten Lebak Meninjau Kampung Tangguh Sebagai Program Unggulan Gubernur Banten

LEBAK, beritajuang.com – Sekertaris umum Perkumpulan Urang Banten ( PUB ) Kabupaten. Lebak Dede Sudiarto, S.Pd, MM bersama sejumlah tokoh aktivis dan pegiat pertanian melakukan kunjungan lapangan ke Kampung Tangguh Desa Leuwidamar, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Senin 22/02/2021.

Sekretaris PUB Kabupaten Lebak Meninjau Kampunh Tangguh Sebagai Program Unggulan Gubernur Banten
Sekretaris PUB Kabupaten Lebak Meninjau Kampung Tangguh Sebagai Program Unggulan Gubernur Banten

Turut hadir H.Hasan Gaido Ketua penasehat Intani Banten dan Wakil Ketua Perkumpulan Urang Banten, Jaro Saidin ( Kepala Desa Leuwidamar) Siti Rosmawati ( Mantri Desa ) Hendra Kamajaya, S.Pd ( Ketua BPD Desa Leuwidamar ) dan Amir ( Ketua Gapoktan Desa Leuwidamar sekaligus Pelaku Tani ).

Kampung Tangguh yang berada di Kampung Keusal, Desa. Leuwidamar, Kabupaten. Lebak Provinsi Banten merupakan salah satu lokasi Program Unggulan Gubernur Banten Drs. H. Wahidin Halim, M.Si Tahun 2019 yang kemudian di tindak lanjuti oleh Kadis Pertanian Provinsi Banten Ir. H. Agus M. Tauchid dengan memantau dan turun langsung pada 6 agustus 2019 kemudian memberikan bantuan mesin Power Thresher 1 unit, sekaligus memberikan Benih Ikan dan Terpal.

Dukungan dari Gubernur Banten terhadap program pertanian telah memberikan hasil yang baik, dimana yang di sebut Kampung Tangguh yang berada di Kampung Keusal, Desa Leuwidamar ini menjadi nominasi untuk mewakili ke tingkat provinsi sebagai kampung yang berhasil mandiri.
Sekretaris Perkumpulan Urang Banten ( PUB ) Kabupaten Lebak Ki Dede Sudiarto, S.Pd,MM bersama H.Hasan Gaido Ketua penasehat Intani Banten sepakat untuk mendukung program unggulan dari Gubernur Banten Drs. H. Wahidin Halim sebagai usaha kemandirian masyarakat dan peningkatan kesejahteraan sebagai petani.

Seperti sistem pertanian mina tani di kampung Tangguh Ini harus menjadi model, inspirasi dari anak muda petani milenial, dan generasi muda yang bangga menjadi petani, bahkan dalam kondisi pandemi ini. Sektor pertanian menjadi sektor unggulan dibanding sektor industri yang mengalami degradasi saat adanya pandemi. Bagaimana pertanian ini bisa dijadikan contoh untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara mandiri. Kami akan terus mendorong agar dapat mengembangkan potensi yang ada di kampung
Tangguh ini untuk ditularkan di lokasi lainnya, Ujar Ki Dede.

Saat ini bahkan direktur Bank Indonesia Wilayah Banten, Erwin Soeriadimadja sudah datang dan melihat langsung program mina tani ini di kampung keusal sebagai kampung Tangguh di Desa Leuwidamar untuk menjadikan program binaan Bank Indonesia Wilayah Banten, selain di kampung keusal, Bank Indonesia juga menunjuk satu pesantren di Desa Leuwidamar perkampungan Ex baduy di kampung Margaluyu yakni Ponpes Yayasan Al- Washliyah untuk dijadikan mitra binaan Bank Indonesia dalam program Kain Tenun Baduy yang memiliki daya jual tinggi dan kualitas bagus dan berdaya saing nasional. Semoga Setiap Anggota Perkumpulan Urang Banten ( PUB ) bisa lebih mengembangkan sektor pertanian diwilayah masing – masing sebagai upaya membumikan Petani Muda Milenial yang dapat mensejahterakan kehidupan secara mandiri. ( Red )