LEBAK, beritajuang.com – Masyarakat Kampung Pasir Eurih, dan masyarakat kampung Sigoyot, Desa Sindanglaya, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak, Banten, melakukan gerakan tanam padi huma atau padi gogo.

“Gerakan tanam dilakukan pada 22, bulan Februari 2021. Penanaman padi HUMA ada waktu tertentu dan hanya dilaksanakan pada bulan Rabiul Awal dan Rajab, juga proses dan waktu penanaman sebelumnya sama dengan Baduy dan untuk penanaman sekarang sama dengan Citorek. Senin, (22/02/2021).

Penanaman Padi Huma itu di lakukan di lahan Kepala Desa Sindanglaya (Jaro Andi), karena lahannya begitu luas serta kontur tanah bagus untuk bertanam.

Gerakan Masyarakat Tanam Padi Huma
Gerakan Masyarakat Tanam Padi Huma

“Gerakan penanaman padi tahun ini diuntungkan, karena curah hujan cenderung meningkat dibandingkan tahun 2020 saat terjadi kemarau. Meningkatnya curah hujan tentu cukup memudahkan gerakan penanaman padi huma yang dilakukan secara bergotong-royong dan bergiliran oleh masyarakat Kampung Pasir Eurih, dan Kampung Sigoyot,” Ujar Jaro Andi.

Sebab, kata dia, penanaman padi huma seluas satu hektare bisa selesai dikerjakan empat hari ke depan, namun jika bersama-sama dilakukan secara bergotong royong hanya seharian.

Baca Juga : SMSI dan Polres Tanah Karo Penanaman Pohon di Desa Kecamatan Payung

“Kami hari ini melaksanakan tanam padi huma dan dibantu puluhan masyarakat . Kami besok juga membantu penanaman padi di lokasi petani lain yang menjadi giliran,” katanya menjelaskan.

Salah satu warga (Asep)sangat apresiasi atas gerakan penanaman padi huma ini, ia mengatakan dirinya bercocok tanam setahun dilakukan satu kali tanam untuk dijadikan ketahanan pangan keluarga dan pendapatan ekonomi.

“Masyarakat Kampung Pasir Eurih, dan Kampung Sigoyot mengembangkan pertanian ladang kebanyakan di lahan yang curam, sebab kontur tanah relatif bagus” Ujar Asep

“Kami sejak turun temurun menanam padi huma dan tanaman lainnya di lahan darat karena menurut adat kami tidak di perkenankan menggunakan pupuk kimia,” Tambahnya menjelaskan.

Kepala Desa Sindanglaya, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak, (Jaro Andi) mengatakan.

“Saat ini Seluruh masyarakat Sobang Khususnya Desa Sindanglaya berprofesi sebagai petani ladang dengan bercocok tanam padi huma dan palawija serta hortikultura. Penghasilan masyarakat dari menanam padi huma untuk dijadikan ketersedian pangan keluarga,” Jelasnya.(Red)