SUMBA TENGAH, beritajuang.com – Presiden Jokowi meninjau Lumbung Pangan di tengah hujan deras. Meskipun hujan dengan intensitas tinggi Presiden Jokowi tetap meninjau lumbung pangan baru atau food estate di Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur, Selasa, (23/02/2021).

Dalam kunjungan kerja, Presiden Joko Widodo meninjau Lumbung Pangan yang tengah dikembangkan di Kabupaten Sumba Tengah, membangun Lumbung Pangan ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan indeks pertanaman sekaligus turut mensejahterakan masyarakat Nusa Tenggara Timur.

Food Estate itu dibangun dengan luas sementara 5.000 hektar yang di peruntukan untuk berbagai penanaman di anataranya yang 3.000 hektare diperuntukan bagi penanaman padi, sementara 2.000 hektare sisanya diperuntukkan untuk komoditas jagung. Mulai tahun ini, pemerintah menargetkan pengembangan lebih lanjut dari Lumbung Pangan tersebut yang nantinya akan mencakup luas lahan keseluruhan mencapai 10.000 hektare.

Baca Juga : DMI Banten : Peran DKM Mampu Wujudkan Program Pembangunan

Meski berada di tengah guyuran hujan lebat, Kepala Negara tetap meninjau area persawahan yang ada di lokasi yang persisnya terletak di Desa Makata Keri, Kecamatan Katiku Tana, Kabupaten Sumba Tengah. Di lokasi tersebut para petani setempat juga antusias menunggu kedatangan Presiden.

Dalam kunjungannya saat di Sumba Tengah Presiden Jokowi pun menampung masukan dari pemerintah daerah untuk kembali menambah beberapa embung serta bendungan.

Presiden mengakui, bahwa pengembangan lumbung pangan di Provinsi Nusa Tenggara Timur masih menemui kendala utama, yakni ketersediaan sumber air yang dapat digunakan untuk mengairi persawahan. Oleh karena itu, pemerintah tengah membangun hingga sebanyak 200 sumur bor untuk pengairan sawah di lumbung pangan tersebut.

“Saya sudah perintahkan tadi Pak Menteri PUPR untuk dilihat kemungkinan dibangun waduk atau bendungan kemudian tambahan untuk embung dan juga sumur bor. Diikuti dengan nanti Kementerian Pertanian untuk membantu kekurangan kekurangan alat mesin pertanian (alsintan), traktor terutama di sini sangat dibutuhkan sekali,” Ujar Presiden Jokowi.

Pembangunan food estate di Kabupaten Sumba Tengah itu diharapkan Presiden Jokowi dapat dilakukan di food estate Sumatera Utara, Kalimantan Tengah dan daerah lain guna mewujudkan ketahanan pangan yang baik. (Red)