LEBAK, beritajuang.com – Menyusul semakin dikenalnya produk gitar sebagai salah satu hasil karya pembinaan dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Rangkasbitung, guna mempertajam kualitas hasil karya yang dihasilkan, Lapas Kelas III Rangkasbitung bekerjasama dengan Pengrajin Gitar Gore Leuwidamar menggelar Workshop Pembuatan Gitar, Rabu, (24/02/2021).

Kegiatan workshop pembuatan gitar sendiri berlangsung di Ruang Bengkel Kerja Pembinaan Lapas Kelas III Rangkasbitung dengan peserta kegiatan sebanyak 20 orang Warga Binaan Pemasyarakatan.

Budi Ruswanto selaku kalapas kelas III Rangkasbitung mengatakan Workshop Kemandirian pembuatan gitar ini agar dapat memberikan bekal bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) setelah bebas nanti, sejatinya akan membentuk insan kreatif, mandiri dan berdayaguna.

Jadi Produk Unggulan, Lapas Rangkasbitung Gelar Workshop Produksi Gitar
Jadi Produk Unggulan, Lapas Rangkasbitung Gelar Workshop Produksi Gitar

“Saat ini animo masyarakat dan pimpinan sudah mengenal dan memberikan apresiasi terhadap jalannya pembinaan pembuatan gitar di Lapas, untuk lebih mempertajam kualitas hasil gitar agar bisa bersanding dengan merk-merk ternama dan disambut dukungan dari Tim Kang Ujang sebagai pengrajin Gitar Gore kita gelar workshop cara pembuatan gitar dari tahap dasar sampai finishing, saya berharap yang memiliki keahlian juga nanti semakin banyak, dan kita bisa menjadikan Gitar sebagai produk unggulan hasil pembinaan”, tutur Budi.

Baca Juga:  Curanmor Di Wilayah Hukum Kecamatan Cibeber, Warga Mulai Resah

Senada dengan Kalapas, Kasubsi pembinaan, Eka Yogaswara menambahkan “untuk menciptakan hasil karya yang konsisten memang WBP penting untuk dilatih, mereka dilatih oleh pengrajin gitar yang ternama, diharapkan dari pembinaan keterampilan tersebut dapat menjadi bekal bagi WBP setelah selesai menjalani masa pidananya,” Harap Yoga sapaan akrabnya.

Baca Juga : Tingkatkan Kualitas Pembinaan, Ratusan WBP Lapas Rangkasbitung Di Wawancara Wali Pemasyarakat

Kang Ujang mengawali pelatihan dengan menunjukkan peralatan yang diperlukan dalam pembuatan gitar. Peralatan yang di perlukan pun cukup sederhana, yaitu gergaji, pahat, penggaris, tang, obeng, palu, skrap, cutter dan bor. Bahan yang digunakan juga mudah didapat di toko-toko alat musik yang ada di wilayah Rangkasbitung seperti grip, drayer dan senar gitar. Sedangkan bahan stang gitar dapat memanfaatkan jenis kayu keras yang dihasilkan dari hutan.

Selanjutnya kang Ujang memberikan pelatihan dengan penjelasan dan bahasa yang mudah dimengerti, karena selain memiliki jiwa seni, proses pembuatan gitar juga memerlukan ketelitian dan kesabaran.

Baca Juga:  PDI Perjuangan Lebak Perbaharui PAC Dapil I Masa Bakti 2020-2025

Wbp Lapas Rangkasbitung sangat antusias dan senang mengikuti pelatihan pembuatan gitar tersebut. Mereka memperhatikan dengan seksama pelatihan membuat gitar yang diberikan oleh kang Ujang, pengrajin Gitar Gore.(Red)