Dinas Dukcapil Kabupaten Lebak.
Dinas Dukcapil Kabupaten Lebak.

LEBAK, beritajuang.com – Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lebak, tepatnya pada hari Selasa tanggal (26/02) sudah mulai memberlakukan permohonan pembuatan Kartu Keluarga (KK), akan menganti blangko Kartu Keluarga (KK) dengan menggunakan kertas hvs putih 80 gram dengan berukuran A4.

Saat kami wawancara, Kepala Dinas Disdukcapil Kabupaten Lebak Drs H. Ujang Bahrudin M.M membenarkan tentang pemberlakuan peraturan menteri dalam negeri No 109 Tahun 2019.

“Memang betul, di mulai hari Selasa (26/02), kami Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lebak sudah memberlakukan dan mulai menerbitkan pencetakan blangko Kartu Keluarga (KK) menggunakan kertas HVS A4 80 gr, sesuai dengan aturan peraturan menteri dalam negeri No 109 Tahun 2019 bahwa kartu keluarga ini menggunakan kertas HVS putih dengan ukuran A4”, terang H. Ujang Bahrudin Jum’at (28/02/2020).

Masih H. Ujang Bahrudin, “Kebetulan blangko kartu keluarga yang biasa digunakan sudah kehabisan stok dan mulai tanggal 26 Februari kemarin kami Dinas Dukcapil Kabupaten Lebak sudah mulai menerbitkan penerbitan Kartu Keluarga (KK) menggunakan kertas HVS putih, itupun sesuai dengan aturan dari pemerintah pusat”, ungkapnya.

“Kami pun sudah membuatkan Surat resmi, selebaran informasi dan sudah di pasangkan di area gedung Dinas Kependudukan Catatan Sipil, baik di dinding atau pun di loket pengambilan dokumen kependudukan”, terang Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Lebak.

Lanjut Kadis, kami akan segera mensosialisasikan kepada seluruh kecamatan dan desa yang ada di kabupaten Lebak, agar nanti nya seluruh warga akan lebih cepat mendapat informasi tentang pergantian penerbitan kartu keluarga menggunakan kertas HVS putih .

Irawati selaku Kabid pelayanan pendaftaran penduduk Disdukcapil Kabupaten Lebak, saat ditemui awak media beritajuang.com pada Jum'at (28/02/2020)
Irawati selaku Kabid pelayanan pendaftaran penduduk Disdukcapil Kabupaten Lebak, saat ditemui awak media beritajuang.com pada Jum’at (28/02/2020).

Irawati selaku Kabid pelayanan pendaftaran penduduk Disdukcapil Kabupaten Lebak menjelaskan bahwa Peraturan dibuat dan dilaksanakan untuk mempermudah masyarakat dalam pengurusan penerbitan administrasi kependudukan dan sesuai juga dengan Slogan Dukcapil GO DIGITAl!.

“Kedepannya Kab/Kota akan menyediakan Mesin ADM (Anjungan Dukcapil Mandiri) seperti Mesin ATM, tp mesin ADM ini keluarnya ya dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga”, jelas Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Lebak, Irawati.

Lanjut Irawati, “Untuk itu kami akan terus mensosialisaikan kepada seluruh jajaran kepemerintahan, baik dari tingkat kecamatan ataupun di tingkat desa. untuk dapat membantu menginformasikan kepada seluruh warga Kabupaten Lebak. Agar nanti nya masyarakat dapat menerima dengan aturan yang di buat oleh Kementrian Dalam Negeri No 109 Tahun 2019, tentang formulir dan buku- buku yang digunakan dalam admistrasi kependudukan”, terang irawati Kabid pelayanan Pendaftaran Penduduk.

Irawati juga menambahkan bahwa dengan adanya aturan yang sudah di buat oleh Kementerian Dalam Negeri masyarakat kabupaten Lebak semoga dapat menerima dan mengikuti aturan yang ada.

“Kami pun ,Dinas Disdukcapil Kabupaten Lebak akan selalu hadir dan siap untuk melayani sepenuh hati kepada seluruh warga Kabupaten Lebak”, jelas Ibu Irawati.

Lailatul Jazilah salah satu warga Kp. Pasir Babakan RT 002 RW 014 Kelurahan MC Timur Kecamatan Rangkasbitung menjelaskan kepada awak media yang saat berada di Disdukcapil Kabupaten Lebak bahwa sangat puas dengan pelayanan Dinas Dukcapil Kabupaten Lebak.

“Pasalnya saat mengajukan pembuatan Kartu Keluarga baru. Saya hanya menunggu di tempat ruang tunggu di depan loket pengambilan, sekitar beberapa jam saja Kartu Keluarga baru yang saya ajukan sudah selesai. tutur Lailatul Jazilah. (MIR)

SMSI