Basarnas Banten Gelar Pelatihan Water Rescue Di Pandeglang
Basarnas Banten Gelar Pelatihan Water Rescue Di Pandeglang

PANDEGLANG, beritajuang.com – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Banten menyelenggarakan Pelatihan Water Rescue tahun 2021.

Kegiatan Pelatihan Water Rescue berlangsung dari tanggal 15 hingga 20 Maret 2021 mendatang, dan dibuka secara resmi oleh Bupati Pandeglang Irna Narulita, di Coconut Island, Selasa (16/3/2021).

Peserta dalam pelatihan Water Rescue ini dikuti sebanyak 25 orang, berasal dari perwakilan TNI, Polri, instansi dan organisasi berpotensi SAR di Provinsi Banten.

Basarnas Banten Gelar Pelatihan Water Rescue Di Pandeglang
Basarnas Banten Gelar Pelatihan Water Rescue Di Pandeglang

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Provinsi Banten M.Zaenal Arifin menjelaskan, tujuan dari pelatihan ini untuk menjalin tali silaturahmi dengan unsur potensi SAR yang ada, dan memberikan pembekalan potensi SAR baik TNI, Polri serta unsur masyarakat, “kata

Selain itu kata Zaenal, pelatihan Water Rescue ini juga memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang pertolongan dipermukaan air, sehingga potensi SAR dapat membantu Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) dalam pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan secara cepat, tepat, aman, terpadu, dan terkoordinasi, “ucapnya.

Baca Juga:  Wabup Lebak Buka TMMD Ke - 110 Kodim 0603/Lebak

“Saya berharap dengan diberikanya pelatihan Water Rescue kepada unsur potensi SAR setidaknya masyarakat bisa menolong dirinya sendiri apabila terjadi bencana dan mampu memberikan pertolongan kepada orang lain sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), “harapnya

Baca Juga : Soal Villa Cutating Bojong Koneng Tak Berijin, Trantib Kec. Babakan Madang Ngaku ke Lokasi Tapi Tak Ketemu Pemilik

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita menyampaikan apresiasi kepada Basarnas Banten beserta relawan lainya yang tak henti-hentinya selalu mendampingi Pemerintah dalam penanganan berbagai bencana, “kata Irna.

Lebih lanjut Ia mengatakan Kabupaten Pandeglang merupakan daerah yang sangat luas, terdapat gunung dan hamparan laut terpanjang di provinsi Banten, sehingga wilayah kita ini rawan bencana, baik itu tsunami, bencana banjir dan longsor, maka dari itu dibutuhkan para pahlawan kemanusiaan yang tangguh, “ucap Irna

Baca Juga:  Pastikan aman, Kapolres Lebak Tinjau Pam Pelaksanaan PAW

“Dalam menghadapi dan menangani bencana kami tidak sendirian ada potensi SAR, TNI, Polri, Basarnas, BPBD,Tagana dan tim relawan lainya yang saling bahu membahu ikut membantu dalam menghadapi berbagai bencana,”ujarnya. (Red)