Mimpi Lebak Institute, Optimalkan Kapasitas Bersama

Ace Sumirsa Ali, Mantan anggota KPU Kabupaten Lebak.
Ace Sumirsa Ali, Mantan anggota KPU Kabupaten Lebak.

Oleh:

Ace Sumirsa Ali, S.Fil

(Mantan anggota KPU Kabupaten Lebak)

Semalam, berbarengan dengan irama hujan lebat, lembaga Lebak Institute di launching. Diluncurkan dengan sederhana, di sebuah saung hateup alakadarnya. Setelah bertahun-tahun di diskusikan, di pikirkan, di pendam dalam sanubari karena tak segera bisa direalisasikan.

Atas support Dr. Harits Hijrah Wicaksana, M.Si dan sejumlah mantan anak kampus dari Ciputat, Bogor dan Serang, alhamdulillah gagasan ini bisa menjelma dalam sebuah simbol logo dan road map setahun kedepan.

Rencananya, wadah ini menjadi lokus berkumpul, berdiskusi, menyusun riset, meneliti sekaligus menjadi tempat menebar virus kebaikan. Jika Multatuli mampu meletakan pondasi dasar kebijakan politik etis Belanda hanya dgn sebuah drama kemiskinan dalam novel. Mengapa kita tak mampu menyusun sebuah naskah akademik. Biar pembangunan terukur, terarah dan ilmiah.

 

Logo Lebak Institute
Logo Lebak Institute

Jika Soekarno-Tan Malaka dan Syafrudin Prawiranegara mampu menggali dasar-dasar negara dari dikusi dalam sepi di ujung Bayah, mengapa kita tak mampu meletakan dasar-dasar pembangunan di era kemerdekaan. Mengapa yg nampak kesemrawutan di segala bidang.

Mengapa kita untuk sekadar mengalirkan air hujan saja tak mampu, hingga harus banjir di mana-mana. Mengapa kita buang jutaan kubik air bersih setiap jam, sementara ribuan kepala keluarga masih hidup di rumah tidak layak huni. Mengapa triliunan rupiah uang setiap tahun dalam anggaran negara, tak mampu membuat jalan-jalan utama kita mulus.

Mungkin karena kita kehilangan pondasi berfikir, rapuhnya pijakan kebijakan, lemahnya analisa, analisis dan premis-premis jangka panjang. Mungkin kita terlalu sibuk dgn target-target jangka pendek yang semuanya hanya untuk memuaskan syahwat politik semata.

Kalau saja mimpi Lebak Institute bisa terwujud, betapa bangganya jika dua tahun kedepan bisa mendirikan Sekolah Kebangsaan. Kalau saja ujung road map Lebak Institute tercapai, betapa sukacitanya jika benar-benar menegakan Universitas Perjuangan.
#Salam Pergerakan

SMSI