Laporan dari Kepala Desa Wanasalam tentang LPPDes kepada Camat Wanasalam, pada Senin (22/03/2021).
Laporan dari Kepala Desa Wanasalam tentang LPPDes kepada Camat Wanasalam, pada Senin (22/03/2021).

LEBAK, beritajuang.com– Pemerintah Kecamatan Wanasalam menggelar Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Desa (LPPDes) tahun 2020, berlokasi di Gedung Serba Guna Desa Wanasalam, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak – Banten, pada Senin (22/03/2021).

Camat Wanasalam, H Sukanta mengatakan LPPDes ini merupakan kewajiban kepala desa sebagai pemimpin pemerintahan desa untuk melaporkan satu tahun anggaran, tentu saja yang dilaporkan itu yang berkaitan sebagaimana pengelolaan organisasi pada umumnya yakni,

“Man (manusia), Money (Keuangan Desa) termasuk Materialnya salah satunya adalah aset ini yang perlu disampaikan oleh kepala desa dalam LPPDes ini,” ujar Sukanta, saat dikonfirmasi disela kegiatannya.

Selanjutnya Sukanta mengatakan LPPDes ini merupakan kewajiban kepala desa untuk melaporkan kepada Bupati Lebak melalui camat.

“Kalau di desa sifatnya hanya menyampaikan keterangan jadi yang berhak menerima atau tidak menerima LPPDes ini adalah pemerintah dalam hal ini Bupati,” tandasnya.

Baca Juga:  LSM Abdi Gema Perak Baksel Minta APH Tindak Tegas Pencemaran Sungai Ciwaru
Jadwal LPPDes Kecamatan Wanasalam, pada Senin (22/03/2021).
Jadwal LPPDes Kecamatan Wanasalam, pada Senin (22/03/2021).

Ditempat yang sama, Rohmat, Kepala Desa Bejod sekaligus Ketua Paguyuban Kepala Desa se-Kecamatan Wanasalam, menuturkan, “Hari ini acara LPPDes Laporan Pertanggungjawaban Desa dan SPJ Tahun 2020, kegiatan ini dijadwal menjadi dua hari hingga besok (22 s.d 23 Maret 2021),” terangnya.

Sementara, Adang Tohawi, Ketua Paguyuban Perangkat Desa Kecamatan Wanasalam, menuturkan, Sesuai Permendagri Nomor 46 Tahun 2016 tentang Laporan Kepala Desa, LPPDes wajib dilaporkan oleh Kepala Desa kepada Bupati/ Walikota melalui Camat, sementara LKPPD disampaikan oleh Kepala Desa (Kades) kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“Satu lagi, yakni ILPPD atau Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, kepala desa juga wajib menginformasikan-nya kepada masyarakat di desa,” jelasnya.

Baca Juga:  Pelepasan KKN Tematik IPB University, Optimalisasi Pemanfaatan SDM dan Pemberdayaan Masyarakat di Wewengkon Adat Kasepuhan Citorek

Diketahui, ada 13 Desa di Kecamatan Wanasalam, untuk jadwal hari ini (Senin, 22/03/2021) yakni Desa Cipedang, Muara, Wanasalam, Bejod, Cikeusik, Cipeucang, dan Cilangkap. Sedangkan untuk besok (Selasa, 23/03/2021) yakni Desa Cisarap, Sukatani, Parungsari, Karangpamidangan, Katapang, dan Parungpanjang.

Pantauan media, para kepala desa satu persatu memaparkan LPPDes Tahun 2020 dengan disaksikan oleh tamu undangan. Dengan mematuhi protokol kesehatan, nampak hadir pada acara tersebut yakni, Camat Kecamatan Wanasalam (H. Sukanta, S.Pd. M.MPd.) beserta jajarannya, para Kepala Desa beserta jajarannya, serta tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya. (MIR)