SERANG, beritajuang.com – Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DPRD Banten menyambangi Gedung Forum Silaturahim Pondok Pesantren (FSPP) Provinsi Banten, di Kota Serang, Kamis (25/03/2021).

Kedatangan Fraksi PDIP DPRD Banten dalam rangka meminta masukan terkait Raperda usulan DPRD, yakni Raperda tentang Fasilitasi Pondok Pesantren dan Zakat.

“Karena kami menyadari potensi Pondok Pesantren (Ponpes) cukup luar biasa di Banten dan Alhamdulillah kami banyak mendengar langsung masukan arahan dan bimbingan,” ujar Ketua Fraksi PDIP DPRD Provinsi Banten, Mukhlis kepada wartawan.

Baca Juga : Bus AKAP Jakarta-Labuan Mengeluh Adanya Mobil Angkutan Umum Elf Plat Nopol Hitam Masuk Pandeglang

Menurut Mukhlis, Fraksi PDIP DPRD Banten menjadi fraksi yang pertama kalinya mendatangi Gedung FSPP Banten. Hasilnya, Fraksi PDIP DPRD Banten mengaku telah mendapat beberapa masukan-masukan yang mesti diperjuangakan.

Mukhlis menyadari, Raperda usulan DPRD tentang Ponpes dan Zakat itu penting untuk diperjuangkan hingga menjadi Perda. Pasalnya, Raperda itu akan memberikan manfaat terhadap lembaga pendidikan islam tersebut.

Baca Juga:  Check Point PPKM Polsek Parungpanjang

“Tentunya bahwa Pondok Pesantren punya tiga fungsi, fungsi pendidikan, fungsi dakwah, fungsi pemberdayaan ekonomi itu semuanya harus termaktub, termasuk pengalokasian anggaran, keberpihakan pemerintah terhadap Pondok Pesantren,” jelasnya.

Baca Juga : Lapas Rangkasbitung Mengikuti Kegiatan Sosialisasi Implementasi SPPT-TI

Sementara itu, Sekjen FSPP Banten, Fadlullah membenarkan bahwa Fraksi PDIP DPRD Banten menjadi fraksi pertama yang bertemu langsung dengan FSPP Banten. Pihaknya menyebut, bahw FSPP sebelumnya pernah mengajukan draft Raperda tentang Pondok Pesantren.

FSPP mengharapkan betul akan adanya sebuah legitimasi berupa Perda tentang Pondok Pesantren. Ia menuturkan, Pemerintah Provinsi Banten sebelumnya pernah memberikan bantuan kepada Ponpes di Banten yang bernaung pada FSPP. Pada 2018, setiap Ponpes mendapatkan bantuan Rp20 juta, di tahun 2020 mendapatkan Rp30 juta dan tahun 2021 akan mendapatkan Rp40 juta.

“Artinya eksekutif sudah berbuat dan legislatif DPRD ini memberikan bingkai hukum dan tentu ini akan dilanjutkan,” katanya.

Baca Juga : Gus Miftah : Cintaku padamu tak seindah surat cinta untuk Starla

“Karena FSPP meliputi semua jenis Pondok Pesantren, ada pondok pesantren modern salafiyah ada kombinasi, kita ada 4,024 Pondok Pesantren di bawah naungan FSPP, dan FSPP sebagai organisasi jaringannya ada di delapan kabupaten dan kota ada di 155 kecamatan dan setiap kelurahan rata – rata 2-3 pondok pesantren,” sambungnya.

Baca Juga:  Polres Bogor Musnahkan Ratusan Knalpot Bising

Terkahir, ia mengapresiasi langkah Fraksi PDIP DPRD Provinsi Banten yang sudah menjalin silaturahim dengan FSPP Banten. Pihaknya juga mengaku terbuka dengan fraksi-fraksi DPRD Banten yang lainnya. (Red)