JAKARTA, beritajuang.com – Seorang pemuda pengangguran FF als Tolay (23) warga jalan ketapang utara krukut Tambora Jakarta Barat nekat melakukan pencurian spion mobil yang sedang terparkir di jalan duri utara I Tambora Jakarta Barat, pada Rabu lalu (23/03/2021).

Aksi pelaku kepergok saat mobil yang dicuri spion nya berbunyi alarm sehingga warga dan polisi yang sedang berpatroli mengetahui adanya kejadian tersebut.

Kapolsek Tambora Kompol Moh Faruk Rozi mengatakan pihaknya bersama warga berhasil mengetahui adanya aksi pencurian spion mobil setelah mendengar adanya bunyi alarm.

Aksi Pencurian Spion Mobil yang Sedang Terparkir di Jalan Duri Utara I Tambora Jakarta Barat

“Mendengar suara alarm mobil warga bersama anggota nya yang sedang berpatroli kemudian melihat pelaku berjumlah 3 orang berboncengan dalam satu kendaraan sepeda motor dan melakukan pengejaran,” ujar kompol moh faruk rozi saat di konfirmasi, Jumat, (26/03/2021).

Karena panik aksinya diketahui oleh warga sekitar, kemudian pelaku mencoba melarikan diri namun naas pelarian nya tidak selincah sang kancil, pelaku berhasil diamankan polisi yang sedang berpatroli dan dibantu oleh warga sekitar namun kedua Rekan pelaku berhasil meloloskan diri.

Baca Juga:  Kepala Desa se-Kecamatan Wanasalam Laporkan LPPDes 2020 ke Camat Wanasalam

Dari hasil penyidikan Faruk membeberkan kejadian tersebut ketika pelaku FF als Tolay (23) berada di kostan sekitar Ketapang Kel. Tamansari Jakarta Barat kemudian beberapa saat datang rekan pelaku bernama SG (DPO.1) dan sdr.AO (DPO.2) dalam keadaan mengendarai motor.

Baca Juga : Jatanras Polres Jakrta Barat Olah TKP Pencurian Barang Di Dalam Mobil

Kemudian saat pelaku dan kedua rekannya bertemu di luar sekitar kostan para pelaku telah mensepakati untuk mencari sasaran kejahatan berupa spion mobil milik orang yang sedang terparkir dijalanan yang sepi.

Selanjutnya pelaku dan rekan lainnya bergegas berboncengan sepeda motor dimana Pelaku sendiri dalam posisi dibonceng di bagian tengah, untuk sdr AO (DPO 2) sebagai pengemudi dan SG (DPO 1) diboncengi diposisi bagian belakang.

Para pelaku mencari sasaran dengan rute jalan berawal dari sekitar Ketapang lalu mengarah daerah Duri, adapun ketika melewati jalan Duri terlihat adanya mobil warna putih terparkir di pinggir jalan, Mengetahui hal itu pelaku dan rekan lainnya berupa berputar kembali melewati jalan yang sama sekitar Duri, saat pelaku dan rekan lainnya yakin sasaran mobil wana putih tersebut kemudian sdr.AO berusaha memberhentikan sepeda motor lalu sdr.SG dan pelaku sendiri turun bergegas mendekati mobil warna putih.

Baca Juga : Unit Resmob Polres Pandeglang Berhasil Mengamankan Tiga Tersangka Kasus tindak Pidana Pencurian dengan pemberatan

Lebih jauh Faruk menjelaskan ketika sudah dilokasi sasaran pelaku sdr.SG terlebih dahulu mematahkan spion mobil bagian kanan dengan kedua tangannya disusul pelaku sendiri mematahkan spion mobil bagian kiri dengan kedua tangan hingga kedua spion berhasil dicuri dan dikuasai.

Baca Juga:  Segera Lakukan Tindakan Nyata Antisipasi Virus Corona Di Cilograng

Namun beberapa saat alarm mobil berbunyi sehingga pelaku dan rekan panik menuju sepeda motor dalam keadaan membawa hasil curian spion.

Pada saat yang bersamaan Tim Buser Polsek Tambora Polres Metro Jakarta Barat saat sedang patroli kewilayahan mendengar adanya suara alarm, kemudian melihat para pelaku berusaha melarikan diri.

Baca Juga : Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo : Pengelolaan Anggaran Dimasa Kedaruratan Harus Dilakukan Dengan Pruden dan Transparan

Selanjutnya Unit Reskrim Polsek Tambora yang di Pimpin Kanit Reskrim AKP Suparmin, S.H., didampingi PANIT Reskrim IPTU Gusti Ngurah Astawa, S.H., bersama Piket Buser dan warga sekitar mengejar pelaku dan berhasil mengamankam Pelaku Ff als Tolay, akan tetapi 2 rekannya berhasil melarikan diri dan salah satu rekan pelaku berinisial SG karena panik kemudian membuang spion hasil kejahatan disekitar kejadian dan berhasil ditemukan oleh warga.

Baca Juga:  Meriahnya Grand Launching, Bupati Lebak Resmikan Rahaya Resto dan Resort

Pelaku berikut barang bukti berupa 2 (Dua) Buah Spion mobil Agya warna putih kemudian dibawa kepolsek Tambora guna dilakukan proses penyidikan lebih lanjut.

Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar Rp. 3.500.000 rupiah. Guna mempertanggung jawabkan atas perbuatan nya pelaku dikenakan pasal 363 KUHPidana. (HMS)