LEBAK, beritajuang.com – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bangkit Kecamatan Sobang telah berhasil menggelar Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK). Ujian yang diikuti sebanyak 32 siswa, khusus untuk paket C atau setara SMA yang digelar sejak Jum’at, (02/04/2021) sampai hari ini Minggu (04/04/2021) telah selesai dilaksanakan.

Karena masih kondisi Pandemi Covid -19, ujian digelar dengan mengikuti protokol kesehatan. Siswa, pengawas, maupun tutor diwajibkan menggunakan masker dan menjaga jarak. Disamping itu, panitia menyediakan fasilitas cuci tangan dan melakukan pengecekan suhu tubuh sebelum peserta masuk ruang ujian.

Hasil ujian kesetaraan sama dengan sekolah formal. Disamping itu, pendidikan paket C bukan sebuah pelarian, melainkan pilihan masyarakat yang tidak memiliki kesempatan masuk sekolah formal.

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bangkit telah berhasil menggelar UPK sebanyak 32 Siswa

Dalam aturannya, lulusan pendidikan kesetaraan tetap bisa melanjut ke jenjang yang lebih tinggi, termasuk di lembaga formal. Disamping itu lulusan Kesetaraan paket C ini juga dapat melanjutkan ke perguruan tinggi negeri dan lainnya.

Baca Juga:  Warga LP Nusakambangan Terpapar Covid - 19 Ganjar Pranowo Siap Bantu Kemenkumham

Sementara itu, kemarin Kepala Bidang PAUD PNF dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak, Irawan, hadir langsung meninjau pelaksanaan ujian. Dia mengapresiasi ujian kesetaraan tersebut. Irawan menilai peran PKBM sangat penting dalam memajukan pendidikan, termasuk di Kecamatan Sobang khususnya.

Selain apresiasi hadirnya PKBM Bangkit yang melaksanakan UPK setara paket C di Sobang, beliau juga menghimbau kepada para pengurus PKMB Sobang untuk turut serta memajukkan masyarakat Sobang melalui berbagai program yang ada dengan terus menjalin hubungan dengan instansi dan dinas terkait. (FELIK)